Kampanye Gebyar PAUD HI sumba barat daya

Pendidikan dan pengembangan anak usia dini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut dapat ditempuh dengan peningkatan pelayanan PAUD HI. William & Lily Foundation bekerja sama dengan ADARO Foundation memberikan dukungan kepada Sumba integrated Development (SID) untuk melaksanakan program Revitalisasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) dan Integrasi Pelayanan Kesehatan Dasar di Kabupaten Sumba Barat Daya. Salah satu rangkaian kegiatan dalam program tersebut adalah Kampanye Gebyar PAUD HI yang diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2022. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh pihak akan pentingnya layanan PAUD HI di Sumba Barat Daya. Kegiatan ini telah dilaksanakan di 13 Desa dampingan pada bulan April-Juni 2022 dalam waktu yang berbeda-beda, peserta yang terlibat dalam kampanye semua stakeholder di desa yaitu pemerintah desa, kader posyandu, kader BKB, pengelola PAUD, tutor PAUD dan masyarakat di desa.

Kampanye PAUD HI di tingkat desa bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya anak usia dini 0-6 tahun mendapatkan layanan esensial anak berupa layanan Pendidikan, Kesehatan, Gizi, Perawatan, Pengasuhan, Perlindungan dan Kesejahteraan. Mengajak warga masyarakat yang memiliki anak usia dini untuk membawa anak ke posyandu dan mendaftarkan anak ke pusat PAUD dan juga ibu hamil agar selalu mengikuti posyandu sehingga mendapatkan layanan kesehatan secara rutin. 

Dalam kegiatan kampanye di desa dampingan, pemerintah desa menyampaikan dukungan terkait PAUD HI dalam bentuk penganggaran dana desa dan melakukan monitoring dan evaluasi dalam penyelenggaraan kegiatan PAUD HI, Pemdes juga berharap agar kerjasama yang baik antara masyarakat dan semua stakeholder sangat penting sehingga anak selalu mendapatkan layanan esensial di satuan PAUD maupun Posyandu. Pemerintah Kecamatan juga mendukung penuh atas program PAUD HI karena program ini salah satu mencegah Stunting. Perwakilan Gugus Tugas PAUD HI Kabupaten  menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Kampanye di tingkat desa, karena kegiatan ini sangat penting untuk menyadarkan masyarakat desa bahwa pentingnya anak mendapatkan layanan esensial.