Pelatihan Penyusunan RPJMDes Desa Dampingan Program Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa Untuk Pencapaian SDGs Desa

Yayasan SATUNAMA yang didukung oleh William & Lily Foundation menyelenggarakan “Pelatihan Penyusunan RPJMDes kepada Desa Dampingan” di Kabupaten Sumba Barat Daya. Pelatihan pertama diselenggarakan pada bulan Desember 2021 untuk Pemerintah Desa Pogo Tena dan Hameli Ate. Pelatihan yang kedua mulai diselenggarakan pada tanggal 16-21 Mei 2022 untuk Pemerintah Desa Mangganipi, Pada Eweta dan Tanggaba. Para kepala desa yang menjadi peserta pelatihan merasa bersyukur dengan adanya pelatihan RPJMDes ini karena mereka tidak pernah mendapatkan pelatihan tentang penyusunan RPJMDes sebelumnya. Begitu pula dengan tokoh perempuan dan tokoh pemuda yang ikut serta dalam pelatihan.

Salah satu tokoh perempuan dari Mangganipi, Mama Maria Rehi Holo, mengatakan “Proses pelatihan tidak membosankan, pendamping dan fasilitator tanggap apabila peserta ada kesulitan. Sekarang saya menjadi tahu urutan penyusunan perencanaan desa sejak menyusun RPJMDes, RKPDes dan APBDes.” Mama Maria menambahkan pula bahwa biasanya penyusunan RPJMDes, RKPDes dan APBDes itu hanya satu dua orang saja. Beliau berharap setelah pelatihan penyusunan RPJMDes ini, Pemerintah Desa dapat merealisasikan usulan-usulan kegiatan dari masyarakat.

Hal yang sama disampaikan oleh tokoh pemuda dari Mangganipi, Alvin Dawa. Ia mengatakan bahwa proses pelatihan ini sangat positif karena peserta dilibatkan secara aktif. Teori yang disampaikan juga melalui permainan bukan sekedar arahan atau pemaparan saja. “Kalau hanya teori saja tanpa praktik, maka nihil hasilnya. Tetapi dengan adanya kerjasama kelompok untuk menyusun bab demi bab, itu sangat luar biasa sehingga kita bisa langsung paham,” ujar Alvin yang juga merupakan ketua petani muda Desa Mangganipi.

Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan dari program Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa Untuk Pencapaian SDGs Desa, yang merupakan Kerjasama antara William & Lily Foundation dengan Yayasan Satunama sebagai mitra pelaksana. Program ini bertujuan untuk meningkatkan praktik pemerintah desa dalam perencanaan dan penganggaran desa untuk pencapaian SDGs Desa dengan indikator peningkatan partisipasi warga dalam perencanaan dan penganggaran desa.